SEJARAH FARMASI USU

  • Sejarah Jurusan Farmasi

Dibukanya Jurusan Kimia bersamaan dengan berdirinya FIPIA USU, tidak terlepas berkat partisipasi Bapak Drs. R.A. Soekemi, Apt., seorang apoteker swasta di Medan yang kemudian diangkat sebagai staf pengajar tetap FIPIA USU, sekaligus memimpin Jurusan Kimia. Selanjutnya Jurusan Kimia diperkuat oleh staf baru dengan latar belakang Apoteker yaitu Bapak Drs. Mudjitahid, Apt. (Alm) dan Bapak Drs. M. Chairuddin Nasution, Apt., masing-masing tamatan dari UGM dan ITB. Maka pada tahun 1969 dibukalah Jurusan Farmasi sebagai jurusan keempat di lingkungan FIPIA USU.

Dibukanya Jurusan Farmasi berdasarkan kenyataan bahwa sangat diperlukan tenaga apoteker di Sumatera, ketika itu untuk Sumatera hanya ada satu Jurusan Farmasi yaitu di Universitas Andalas Padang di Sumatera Barat. Untuk mencukupi jumlah tenaga pengajar, dilakukan perekrutan dari instansi Balai Pengawas Obat dan Makanan dan Kantor
Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Pada perkembangan selanjutnya, pada tahun 1994 Jurusan Farmasi membuka program D-3 Analis Farmasi, program strata dua (S-2) Ilmu Farmasi di buka pada tahun 2001, dan Program Ekstensi Sarjana Farmasi pada tahun 2002.

  • Sejarah Fakultas Farmasi USU

Pada tahun 2000, atas masukan Rektor USU (Prof. Chairuddin P. Lubis, DTM&H., Sp.A(K), agar Jurusan Farmasi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Farmasi. Untuk itu, Jurusan Farmasi membentuk tim pekerja yang diketuai Dr. M. Pandapotan Nasution, MPS., Apt., (Ketua Jurusan Farmasi) untuk membuat proposal perubahan status Jurusan Farmasi menjadi Fakultas Farmasi USU. Proposal selesai pada bulan Desember 2000, dan selanjutnya disampaikan kepada rektor melalui Dekan FMIPA USU. Dalam perkembangan tahun berikutnya proposal perubahan ini tidak dapat diproses oleh karena adanya surat edaran dari Dirjen Dikti bahwa pembukaan fakultas baru di Indonesia tidak dapat dilakukan.

Setelah USU menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56/2003, tanggal 11 November 2003, maka di seluruh USU terjadi perubahan sebutan dari jurusan menjadi departemen. Seiring dengan itu pula, peluang departemen menjadi fakultas terbuka kembali karena pasal-pasal dalam

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 56/2003, tanggal 11 November 2003, tentang Penetapan Universitas Sumatera Utara Sebagai Badan Hukum Milik Negara; dan Keputusan Majelis Wali Amanat. Nomor 1/SK/MWA/I/2005, tanggal 8 Januari 2005, tentang Anggaran Rumah Tangga Universitas Sumatera Utara, menyetujui perubahan ini. Untuk itu, pada tanggal 26 Mei 2005 diusulkan kembali kepada rektor melalui Dekan FMIPA proposal yang telah direvisi tersebut.

Persetujuan prinsip perubahan status Departemen Farmasi dan Departemen Peternakan menjadi fakultas, melalui rapat Senat Akademik Universitas tanggal 11 Juni 2006; dan surat Rektor USU No. 2395/J05/TU/2001, tanggal 17 Juni 2005, perihal persetujuan prinsip yang disebutkan di atas.

Sehubungan dengan persetujuan prinsip tersebut, Departemen Farmasi menyusun dan mengusulkan nama-nama yang bertugas sebagai Panitia Persiapan Pembukaan Fakultas Farmasi USU kepada Dekan FMIPA, yang diteruskan kepada Rektor USU. Pada tanggal 4 Juli 2005, diterbitkan Surat Keputusan Rektor USU No. 822/J05/SK/KP/2005, tentang Pembentukan Panitia Persiapan Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Pada tanggal 27 Oktober 2005, Panitia Persiapan Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara menyelesaikan tugasnya dengan membuat laporan hasil kerja yang disampaikan kepada ketua departemen. Ketua Departemen meneruskan laporan ini kepada Dekan FMIPA; dan selanjutnya disampaikan kepada Rektor USU. Pada hari Rabu, tanggal 25 Januari 2006, Panitia Persiapan Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara diundang rapat oleh PUREK I untuk membahas laporan yang telah dibuat dihadapan para pembantu rektor. Hasil rapat menyarankan supaya proposal disempurnakan lagi. Pada tanggal 6 Maret 2006, proposal yang telah diperbaiki dikirim kembali kepada rektor. Untuk selanjutnya rektor mengirim proposal tersebut kepada Senat Akademik, dan dibahas di Komisi Akademik. Komisi Akademik memberi rekomendasi agar Proposal dilanjutkan untuk diproses dengan beberapa perbaikan. Pada 8 April 2006, Proposal yang diperbaiki disampaikan kepada Rektor USU, dan diteruskan kepada Senat
Akademik untuk dibahas di Komisi Akademik. setelah menelaah proposal tersebut, Komisi Akademik melalui surat nomor 09/SAUSU/ KPA/V/2006, tanggal 2 Mei 2006, memberi rekomendasi agar proposal dapat diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada tanggal 31 Mei 2006, melalui surat nomor 2688/J05/TU/2006, Rektor USU mengirim surat kepada Dirjen Dikti memohon pertimbangan untuk dapat menyetujui usulan perubahan status Departemen Farmasi FMIPA USU menjadi Fakultas Farmasi USU. Selanjutnya, Dirjen Dikti melalui surat nomor 2635/D/T/2006, tanggal 7 Juli 2006 memberi balasan bahwa mengingat Universitas Sumatera Utara (USU) telah berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN), maka perubahan status Departemen Farmasi menjadi Fakultas Farmasi penetapannya cukup dengan Keputusan Rektor dan biaya yang timbul akibat perubahan ini tidak dibebankan pada anggaran pemerintah namun harus dibiayai dengan dana mandiri/swadana Universitas Sumatera Utara.

Menanggapi surat Dirjen Dikti, pada tanggal 27 Juli 2006, Dekan FMIPA USU mengundang seluruh staf pengajar Departemen Farmasi, dekanat, rektor, dan PUREK untuk mengadakan pertemuan dengan Rektor USU guna mendengar pengarahan Rektor USU atas perubahan Status Departemen Farmasi FMIPA USU menjadi Fakultas Farfmasi. Rektor memaparkan langkah-langkah untuk proses selanjutnya.

Selanjutnya, Rektor USU menerbitkan Surat Keputusan Pembukaan Fakultas Farmasi USU dengan surat Nomor: 1050/J05/SK/KP/2006, tentang Pembukaan Fakultas Farmasi pada Universitas Sumatera Utara, terhitung mulai hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2006. Maka kini Departemen Farmasi telah berubah menjadi Fakultas Farmasi USU, yaitu Fakultas yang ke-11 di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Untuk proses persiapan selanjutnya, pada tanggal 28 September 2006, Rektor USU menerbitkan Surat Keputusan tentang Pelaksana Tugas Dekan Fakultas Farmasi yang dijabat Dekan FMIPA USU (Dr. Eddy Marlianto, M.Sc.).

Melalui Dewan Pertimbangan Fakultas MIPA, dilakukan penjaringan calon dekan periode 2006-2010. Hasil penjaringan calon dekan (hanya 1 calon yaitu Prof. Dr. Sumadio Hadisahputra, Apt.) beserta kelengkapan berkas disampaikan kepada Dekan Fakultas MIPA, dan untuk proses selanjutnya berkas calon dekan dikirim kepada Rektor USU untuk ditetapkan sebagai dekan.

Pada tanggal 14 Desember 2006, Rektor USU telah menerbitkan Surat Keputusan nomor 1655/J05/SK/KP/2006, tentang Pengangkatan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara. Untuk selanjutnya, pelantikan Dekan Fakultas Farmasi USU yang pertama dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 26 Januari 2007.

Pada tanggal 5 Mei 2007 diadakan acara peresmian Fakultas Farmasi, sekaligus pelantikan pembantu dekan yang dilakukan oleh Rektor USU, dan Reuni Alumni Farmasi. Pada acara peresmian dihadiri Majelis Wali Amanat, para dekan, dan ketua lembaga di lingkungan Universitas Sumatera Utara, serta undangan lainnya termasuk alumni yang datang dari seluruh Indonesia.

Sumber : Buku Panduan Perkuliahan Fakultas Farmasi USU 2008

By pemaffusu Posted in INFO

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s